Pantau Program Tata Ruang Lewat Aplikasi Lintang dan Siabang

Program tersebut merupakan proyek perubahan dua pejabat di DPU-PR Bulungan yang telah melakukan Diklat PIM III, bekerjasama dengan pusat latihan pengembangan dan kajian desentralisasi dan otonomi daerah Lembaga Administrasi Negara (LAN) Samarinda.

Bupati Bulungan Sudjati dalam kesempatan itu menyampaikan, aplikasi Lintang merupakan sistem informasi online terkait tata ruang sementara, atau layanan informasi tata ruang (Lintang) kemudian Siabang adalah Sistem Informasi Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

“Banyak masukan yang sudah dilakukan dengan mengembangkan inovasi di dinas masing-masing. Harapan kita tentu saja hal itu dapat menujang peningkatan pelayan khususnya di Bulungan,” ujarnya.

Secara digital, melalui aplikasi ini, terang Bupati, perubahan ataupun penataan ruang di Bulungan dapat dilihat secara online. Selain itu adanya aplikasi itu juga dipastikan dapat mempercepat proses perizinan. Hal yang sama juga berlaku untuk aplikasi Siabang.

“Informasi bisa langsung diketahui secara online, begitupun juga oleh pelaku dunia  usaha informasi pembangunan dan gedung,” kata bupati. Menurutnya, adanya inovasi tersebut bisa menjadi contoh bagi OPD lain yang ada di Bulungan. Dengan meningkatkan kreativitas, maka diyakini pelayan yang dilakukan bisa semakin baik. “Sudah ada sarananya tinggal diimplementasikan, seluruh OPD bisa melakukan hal yang sama guna memaksimalkan pelayanan kita,” imbuhnya.

Di tempat sama, Kepala DPU-PR Bulungan Adriani mengatakan  dengan adanya aplikasi Lintang, maka informasi terkait tata ruang bisa secara optiman diperoleh masyarakat. “Itu tujuannya dalah meningkatkan pelayanan informasi tata ruang Bulungan secara digital melalui aplikasi, yang bisa dilakukan ofline dan juga online. Ini juga sebagai sarana kami mewujudkan pembangunan menyeluruh di Bulungan,” sebutnya.

Kemudian aplikasi Siabang, lanjutnya juga sebagai sarana mengetahui indeks kepuasan masyarakat, sekaligus layanan pengaduan sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan. “Ini bisa sejalan dengan program pemerintah dengan meningkatkan standar pelayanan publik baik kualitas maupun kuantitas. Prinsipnya sederhana partisipatif, berkelanjutan, begitupun juga peningkatan sistem informasi daerah,” pungkasnya. (*)

Reporter : Nurjanah
Editor : Eddy Nugroho

Sumber : http://korankaltara.com/pantau-program-tata-ruang-lewat-aplikasi-lintang-dan-siabang/